Kamis, 16 Mei 2013

Usaha Makanan

Jawaban dari prospek dan usaha makanan di masa depan sudah pasti hanya satu, yaitu menguntungkan. Namun perlu diingat usaha makanan adalah salah satu bisnis dengan persaingan yang sangat berat dan ketat.Tanpa kreatifitas, maka usaha makanan anda akan cepat tersaingi oleh mereka yang jauh lebih aktif dan pandai melihat peluang yang ada.

Usaha Makanan

Peluang usaha makanan akan sangat menguntungkan bagi anda jika anda memperhatikan beberapa tips berikut:

  1. Menjaga kualitas dari olahan makanan yang anda produksi. Makanan adalah sesuatu yang akan secara langsung bisa dirasakan oleh konsumen. Jadi, anda tidak bisa memanipulasi atau menipu indra perasa konsumen. Tak peduli apakah usaha makanan anda hanya berjualan camilan, gorengan, kue kering, warteg atau catering. Oleh karena itu kualitas makan yang anda produksi adalah yang utama. Selalu gunakan bahan baku nomor satu untuk tetap menjaga kualias makanan yang and produksi.
  2. Tentukan target pasar potensial. Mahasiswa, karyawan atau pekerja kantoran adalah target pasar potensial usaha makanan ini. Ibu rumah tangga yang sehari-hari berada dirumah tentu bukan target yang tepat untuk usaha ini mengingat mereka selalu ada waktu untuk mempersiapkan makan. Jadi perhatikan target pasar agar tak salah sasaran dalam mendistribusikan produk makanan anda.
  3. Selalu berinovasi dan kreatif. Keripik singkong, tentu sudah bisa, namun bagaimana dengan keripik mangga atau salak? Tentu sangat unik, luar biasa dan berbeda dari olahan makanan yang telah ada sebelumnya. Sudah menjadi hukum alam bahwa konsumen barang konsumsi akan selalu mencari hal yang baru, unik dan inovatif dalam bidang kuliner. Jika anda tidak berinovasi dan kreatif serta hanya punya olahan yang itu-itu saja, maka anda akan mudah tergusur dan siap-siap saja konsumen akan beralih kepada produsen lain.

Percayalah bahwa prospek dan peluang usaha makanan di masa depan itu sangat cerah dan menjanjikan. Namun, hal ini tentu saja berbanding lurus dengan ketatnya persaingan dalam bidang ini. Bagi anda yang telah terjun dalam usaha kuliner, mungkin tips meggapai peluang usaha makanan diatas bisa menjadi motivasi anda untuk terus berinovasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar