Tujuan utama blog ini adalah menginformasikan peluang usaha dan bisnis, baik itu makanan ringan, atau yang lainnya. Dan menginformasikan bisnis-bisnis kecil yang dapat bermanfaat untuk menambah penghasilan.

Kamis, 22 Maret 2012

Peluang Usaha Kue Klepon

Kue klepon, sobat tentu sudah pernah makan makanan ini. Makanan yang berbahan dasar tepung ketan dan berisi gula merah ini, sekarang tidak hanya bisa ditemui di pasar-pasar tradisional saja. Toko roti/kue pun sudah banyak yang memproduksi kue klepon sebagai salah satu produk yang mereka jual. Isi dari kue klepon yang awalnya identik dengan isinya yaitu gula merah, sekarang banyak yang berinovasi seraya menggantinya dengan coklat, kacang hijau dll.
­Kue klepon ini pun bisa dijual di pinggir-pinggir jalan, bersamaan dengan makanan lainnya seperti pisang goreng, molen atau pun onde-onde. Tingkat penjualan kue klepon ini pun terbilang tinggi. Seperti yang di alami oleh salah satu penjual Kue klepon yang berada di daerah Jepara. Dia menjajakan berbagai macam makanan, ada pisang goreng, tempe goreng, molen dan kue klepon. Dari berbagai makanan yang dia jual, kue klepon menjadi makanan yang paling diminati pembeli dan paling cepat habis.
Nah, bagi sobat-sobat yang berkeinginan untuk berwirausaha, peluang usaha kue klepon ini bisa menjadi referensi. Apalagi bila sobat memberikan berbagai pilihan isi kue klepon seperti kue klepon isi coklat, kue klepon isi gula merah atau pun kue klepon isi kacang hijau, dijamin deah banyak pembelinya.

Dan bagi yang belum bisa membuat kue klepon, ini ada Resep membuat kue klepon.
Pertama persiapkan bahan-bahannya yaitu :
  •   250 g tepung ketan
  •  1 sdm air daun pandan suji
  •  1 sdt air kapur sirih
  • ½ sdt garam
  • 50 ml air matang
Untuk isinya :

150g gula merah, sisir halus.
Isi gula merah ini pun bisa sobat ganti dengan Coklat ataupun kacang hijau

Dan Lapisannya :

150g kelapa parut memanjang.
Lapisan ini pun bisa diganti dengan keju yang diparut memanjang

Cara Membuatnya :
  • Aduk tepung ketan dengan air kapur sirih, air daun pandan dan garam hingga rata.
  • Tuangi air sedikit demi sedikit sambil aduk hingga adonan dapat dibentuk kemudian diamkan kurang lebih selama 15 menit.
  • Ambil adonan, bulatkan, kemudian pipihkan dan apabila sobat ingin membuat kue klepon isi coklat, isi adonan yang sudah sobat dipipihkan tadi dengan coklat dan bulatkan kembali.
  • Rebus adonan yang sudah di isi coklat tadi dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  • Gulingkan dalam kelapa parut hingga rata.
  • sobat dapat menyajikannya dalam mangkuk daun pisang atau mangkuk kertas yang biasanya banyak di jual di toko-toko.
Untuk resep ini, dapat dihasilkan kurang lebih 40 butir kue klepon.
Ok, semoga ini bisa bermanfaat buat sobat-sobat semua.

0 komentar:

Posting Komentar