Sabtu, 16 Juni 2012

BISNIS BAGI MAHASISWA

            Bisnis bagi mahasiswa merupakan suatu hal yang perlu dijalankan oleh setiap mahasiwa. Karena mahasiswa adalah tulang punggung negeri ini. Yaitu tulang punggung yang suatu saat nanti  ditugaskan untuk memimpin serta membangun negara Indonesia sehingga dapat mengubah negara Indonesia yang tercinta ini menjadi bangsa yang semakin maju.
Untuk menjadi pemimpin negara ini memang sudah banyak stok calon-calon pemimpin bangsa. Tetapi bukan hanya memimpin serta menjalankan roda pemerintahan saja. Membangun Indonesia supaya lebih maju dari segi perekonomian, amat dibutuhkan. Oleh karena itu, Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) membuat PKM (program Kreatifitas Mahasiswa) yang salah satu tujuannya yaitu supaya mahasiswa dapat berwirausaha (berbisnis) sehingga dapat dihasilkan mahasiswa-mahasiswa yang kreatif yang dapat membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dibidang perekonomian serta dapat memanfaatkan sumber daya alam yang begitu mengagumkan ini.      
            Dengan begitu banyak sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan sebagai bisnis bagi mahasiswa. Apakah kita (mahasiswa) mampu mengolahnya sehingga dapat memajukan Indonesia serta menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia? Jawabannya yaitu sebenarnya mampu, tetapi banyak mahasiswa yang bercita-cita menjadi seorang karyawan di perusahaan besar atau menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) sehingga harapan bangsa untuk memanfaatkan sebesar-besarnya dan sebaik-baiknya hasil alam di bumi pertiwi ini, sulit diwujudkan.
            Keinginan menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan besar atau PNS memang salah satu keinginan sebagian besar mahasiswa, tetapi dibalik keinginan tersebut sebenarnya terselip rasa ingin memiliki bisnis sendiri. Rasa itulah yang hanya dijadikan keinginan sesaat atau hanya mimpi belaka, karena alasan utamanya yaitu modal dan ketidak percayaan diri. Bila modal, apakan semua bisnis bagi mahasiswa memerlukan modal yang besar? Tidak bukan? Karena sebenarnya modal utamanya yaitu usaha dan niat.

Usaha dan niat yang seperti apa, untuk menjalankan bisnis mahasiswa ini?
  • Yang terpenting niat ingin berwirausaha, ingin mempunyai bisnis sendiri. Kemudian bangunlah niat tersebut dengan suatu usaha.
  • Yang pertama tentu usaha keluar dari rasa takut akan kegagalan, rasa takut akan kerugian atau usaha menghilangkan rasa malu dengan omongan orang.
  • Yang kedua usaha mencari tahu bisnis seperti apa yang dapat dijalankan.
  • Bila bisnis tersebut memerlukan modal yang besar, usaha seperti apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal? Usaha mencari investor atau mengajukan proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).
  • Bila memang sulit mendapatkan modal, bisa mencari bisnis mahasiswa yang lainnya. Karena banyak sekali bisnis-bisnis yang dapat dijalankan tanpa menggunakan modal.

Contoh bisnis bagi mahasiswa

Sebagai referensi untuk menjalankan bisnis, berikut bisnis bagi mahasiswa yang dapat di jalankan menurut jurusan masing-masing:
  • Bisnis bagi mahasiswa untuk jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi (ilmu komputer) yaitu bisnis jasa membuat program, bisnis jasa pembuatan website, bisnis servis komputer dan laptop, bisnis online, bisnis membuat design grafis, bisnis menjual template buatan sendiri, bisnis jasa pembuatan peta GIS (Geographic Information Systems), bisnis jual beli komputer atau laptop bekas, bisnis jasa printing dll.
  • Bisnis bagi mahasiswa untuk jurusan Tata Boga diantaranya membuat bisnis katering, membuat bisnis warung makan mahasiwa, bisnis menjual resep makanan, membuat kursus memasak dan semua bisnis yang berhubngan dengan makanan.
  • Bisnis bagi mahasiswa untuk jurusan Tata busana yaitu bisnis butik, bisnis jasa membuat design baju dll.
  • Bisnis bagi mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa asing yaitu membuat bisnis kursus bahasa asing atau bisnis jasa translate (terjemah).
  • Bisnis bagi mahasiswa Psikologi dan Bimbingan Konseling, bisa membuka “Curhat secara online”.
  • Bisnis bagi mahasiswa jurusan Teknik Mesin yaitu dapat membuat bengkel motor khusus mahasiswa.
  • Bisnis bagi mahasiswa jurusan Teknik Elektro yaitu dapat mendirikan tempat servis elektronik.
  • Dll.

 Sepertinya cukup tulisan tentang bisnis bagi mahasiswa ini, semoga tulisan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar